5 Program Beasiswa Kuliah S1 di Tanah Air yang Bisa Kamu Coba Ikuti

Nusantaraglobal_Mahalnya biaya pendidikan masih menjadi hambatan bagi banyak orang yang ingin melanjutkan kuliah. Namun, jangan khawatir karena sebenarnya ada banyak beasiswa kuliah untuk program S1.

Sampai saat ini masih banyak para lulusan SMA yang tidak dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi karena terhalang masalah biaya.

Padahal, sudah ada banyak lembaga yang menawarkan sejumlah beasiswa S1 bagi para lulusan SMA.

Penasaran apa saja contoh beasiswa S1 yang bisa kamu coba ikuti? Yuk, simak rangkumannya di bawah ini.

1. Beasiswa ORBIT Hasri Ainun Habibie

Yayasan yang satu ini sudah ada sejak tahun 1992 silam. Pada awalnya Yayasan ini bernama Yayasan Amal Abadi Beasiswa ORBIT saja.

Namun, pada tahun 2011 berganti nama menjadi yayasan amal abadi biasiswa ORBIT hasri ainun habibie sebagai sebuah penghargaan bagi almarhumah.

Ada 2 kategori beasiswa S1 yang ditawarkan yaitu, reguler dan unggulan.

Untuk regular diberikan kepada calon kandidat yang ingin berkuliah ataupun yang sedang menjalani pendidikan di perguruan tinggi.

Beasiswa kuliah yang diberikan berupa dana sebesar Rp750.000 per bulan selama satu tahun ajaran.

Sementara itu, untuk beasiswa kuliah unggulan, diberikan sejak awal hingga selesai menempuh pendidikan di PTN. Beasiswa mencakup biaya pendaftaran bantuan uang kuliah, uang buku, uang kost per semester, dan juga uang saku per bulan.

Persyaratan utama yang harus dimiliki oleh calon peserta misalnya merupakan pelajar SMA/SMK atau mahasiswa yang aktif.

Lalu peserta juga harus berasal dari keluarga kurang mampu dan tidak sedang mendapatkan beasiswa yang lain.

2. Bidikmisi

Dalam laman resminya beasiswa Bidikmisi disebut sebagai bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi.

Namun, calon penerima beasiswa harus memiliki potensi akademik yang baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi dan lulus kuliah tepat waktu.

Bantuan beasiswa Bidikmisi untuk program D3 diberikan selama 6 semester. Sementara itu, untuk program beasiswa D4 dan S1 diberikan selama 8 semester.

Uang kuliah akan dibayarkan langsung kepada perguruan tinggi dan uang saku serta tunjangan buku diberikan langsung pada mahasiswa tiap satu semester.

Beasiswa Bidikmisi bisa diikuti oleh calon mahasiswa yang baru ingin mendaftar kuliah ataupun yang baru diterima di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

3. Beasiswa BCA

Sebagai salah satu bank swasta terbesar di Indonesia, BCA juga menawarkan beasiswa S1 yang bisa kamu coba ikuti.

Seperti yang dijelaskan dalam laman resminya, beasiswa BCA ditujukan kepada para lulusan SMA/SMK/sederajat yang berprestasi.

Beasiswa ini diberikan dalam bentuk Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP) dan Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI).

Kedua program tersebut akan dilangsungkan selama 2,5 tahun dan bertempat di BCA Learning Institute.

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh jika mendapatkan beasiswa kuliah yang ditawarkan oleh BCA.

Misalnya, disediakan buku pelajaran sepanjang program pembelajaran berlangsung. Kemudian bagi penerima beasiswa program PPTI juga disediakan laptop.

Penerima beasiswa juga dibebaskan dari biaya pendidikan dan bahkan mendapatkan uang saku bulanan. Lalu ada fasilitas lain yang disediakan seperti dormitoryshuttle bus, dan makan siang.

Tidak hanya itu saja, penerima beasiswa ini juga mendapatkan kesempatan besar untuk magang dan mendapatkan tawaran bekerja di BCA.

4. Quipper Scholarship Award

Platform untuk belajar online, Quipper, juga menyediakan program beasiswa S1 yang bisa kamu coba ikuti.

Pertama kali diadakan di tahun 2020, program beasiswa kuliah dari Quipper berhasil menarik banyak perhatian dari banyak orang.

Melansir dari laman resminya, pada ajang Quipper Scholarship Award 2020, total beasiswa yang disalurkan sebesar Rp9,5 miliar dari 9 kampus dan 1 lembaga yang berpartisipasi.

Jumlah peserta juga mencapai 7.500 siswa kelas 12 dari seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut hanya sebanyak 473 siswa berhasil mendapatkan beasiswa.

Setiap tahunnya Quipper bekerja sama dengan banyak perguruan tinggi negeri dan swasta di Tanah Air untuk menyalurkan beasiswa.

Jadi, persyaratan yang diberikan kepada peserta tergantung dari pilihan perguruan tinggi yang diminatinya.

Bentuk beasiswa yang diberikan adalah full scholarship atau beasiswa penuh. Peserta yang mendapatkan beasiswa ini akan ditanggung secara penuh biaya kuliahnya hingga masa studi selesai.

Kemudian, ada pula partial scholarship atau beasiswa sebagian. Penerima beasiswa ini akan mendapatkan diskon biaya kuliah sebesar 25% – 75%.

5. APERTI BUMN

Beasiswa S1 yang satu ini ditujukan buat kamu yang tertarik untuk meneruskan studi di perguruan tinggi yang ada di bawah naungan APERTI BUMN.

Dikutip dari laman resminya, beberapa perguruan tinggi tersebut antara lain:

  • Universitas Pertamina
  • Universitas Internasional Semen Indonesia
  • Telkom University
  • Politeknik Pos Indonesia
  • Sekolah Tinggi Manajemen Logistik
  • Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Institut Teknologi PLN
  • BRI Institute.

Program beasiswa yang ditawarkan adalah pembiayaan secara penuh hingga masa studi selesai.

Calon penerima beasiswa ini akan diseleksi berdasarkan nilai rapor yang dimilikinya. Kemudian, ada pula beberapa proses seleksi lainnya seperti wawancara yang dilakukan secara online.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa ini misalnya harus sudah lulus SMA/SMK dan memiliki nilai rapor.

Itulah beberapa beasiswa S1 yang bisa kamu coba ikuti untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan di perguruan tinggi.

Supaya kamu tidak kelewatan dengan seleksi program beasiswa yang sudah disebutkan di atas, jangan lupa untuk terus mengecek ke laman resminya secara berkala, ya.

About Super Admin

Leave a reply translated

Your email address will not be published. Required fields are marked *